loading...

Rabu, 25 Oktober 2017

Perbedaan tepung roti, parnir dan panko

Sekilas mungkin penggunaanya hampir sama tetapi sebenarnya ada perbedaan antara tepung roti, tepung parnir dan panko. Perbedaan pada bahan dan cara pengolahan menghasilkan tekstur yang berbeda pula pada makanan.

Tepung roti

Tepung roti terbuat dari roti segar tanpa kulit yang dikeringkan dan digiling menjadi butiran kecil seperti remah. Tepung ini warnanya putih dan ukuranya bervariasi. Tepung roti mempunyai tekstur yang lebih kasar dan butirannya lebih besar dari tepung panir dengan warna yang cenderung putih. Tepung roti mudah dibeli di pasaran dalam berbagai macam kemasan. Berbeda dengan tepung panko, tepung roti berbutir lembut sedangkan tepung panko bertekstur lebih kasar. 


Pilihlah tepung roti dengan kualitas yang baik, kering dan tidak berbau apek. Perhatikan apakah tepung roti yang kita beli sudah berkutu tanda tidak baik dalam penyimpanannya atau sudah terlalu lama dalam penyimpanannya, maka yang demikian sebaiknya tidak digunakan lagi.

Ada dua macam tepung roti, yaitu yang butiranya kasar dan berbutiran halus. Tepung roti berbutiran kasar khusus untuk melumuri jenis makanan jepang yaitu tempura. Untuk melumuri aneka risoles dan roti pilih tepung roti yang berbutiran halus.

Penggunaan : bahan pelapis/pembalut gorengan seperti tempura ikan dan seafood, bahan nugget


Contoh merek : mama suka

Tepung Panir

Sama dengan tepung roti, bahan dasar tepung panir juga terbuat dari roti yang dikeringkan. Tapi roti yang digunakan untuk membuat tepung panir adalah roti dengan kulit pinggiran yang digiling menjadi butiran yang lebih kecil daripada tepung roti. Karena terbuat dari roti dengan kulit, tepung panir memiliki warna yang lebih gelap daripada tepung roti. 

Penggunaan :  bahan lapisan risoles, kroket, pisang pasir, dan bahan campuran dalam adonan rolade atau galantin, bahan pelapis /pembalut gorengan seperti nugget, bitterballen, dan taburan masakan panggang
Contoh merek : kobe

Tepung panko

Panko adalah variasi tepung roti dari tepung roti dari dapur jepang dan prancis  yang digunakan untuk membuat lapisan garing pada hidangan yang digoreng. Panko terbuat dari roti tanpa kulit , jadi lebih garing. Teksturnya pun lebih kering daripada jenis tepung roti lainya. Tepung panko populer digunakan dalam dapur Asia dan Non-Asia, tersedia secara luas di pasar-pasar swalayan besar.


Tepung ini memiliki tekstur yang kasar dan berwarna kuning keemasan dan putih. Rasanya lebih garing dan renyah serta warnanya bagus. Kini tepung panko dijual dengan 2 warna yaitu putih dan kekuningan. Berbeda dari tepung parnir berbutir lembut sedangkan tepung panko bertekstur lebih kasar.

Penggunaan : untuk masakan jepang seperti katsu dan tempura







Load disqus comments

0 komentar

loading...