loading...

Selasa, 24 Oktober 2017

Tepung "Sagu Tani", tepung sagu atau tepung tapioka (kanji)?


Sering kita menemui dalam sebuah resep masakan tertera bahan tepung "Sagu tani". Setelah di pasaran kita cari, yang tertera di kemasan selalu rancu. Disana tertera tepung "sagu tani" tapi tulisanya juga tertera "tepung tapioka"....jadi pertanyaan di benak kita pastilah, sebenarnya tepung sagu tani itu jenis tepung tapioka atau sagu? itulah pertanyaan kerap kita jumpai?


Beberapa kemasan Tepung Sagu tani di pasaran

Nah setelah aku baca-baca ternyata inilah jawabanya...

Tepung tapioka (kanji) adalah tepung yang berasal dari sari pati singkong

Tepung sagu adalah tepung yang berasal dari sari pati batang sagu. Tepung sagu sebenarnya ada 2 macam yaitu 
  1. Tepung tepung sagu yang terbuat dari pohon sagu (Metroxylon Sago), banyak di produksi di wilayah indonesia timur seperti sulawesi, maluku dan papua banyak digunakan untuk makanan pokok non beras
  2. Tepung sagu yang terbuat dari batang pohon aren (Arenga pinnata), banyak diproduksi di pulau jawa walaupun sekarang populasinya semakin sedikit
Sagu Tani adalah jenis sagu yang terbuat dari saripati Singkong (Manihot utilissima). Karena keberadaan pohon sagu aren semakin sedikit, akhirnya pembuatan tepung sagu dari singkongpun meluas, bahkan kualitasnya lebih baik untuk segala macam olahan makanan. Tepung kualitas terbaik inilah yang disebut dengan tepung Sagu Tani.

Jadi Tepung sagu tani bisa dikatakan sama dengan tepung tapioka (kanji) karena sama-sama terbuat dari saripati singkong. Hanya saja kualitas tepung Sagu Tani lebih baik daripada tepung tapioka (kanji) biasa. Di jawa barat tepung sagu tani disebut dengan Aci seperti yang berbagai macam makanan yang menggunakan kata aci seperti cireng (aci digoreng), cilok (aci di colok), cimol(aci diemol), dan sebagainya.

Di pasaran jika tetera "Tepung tapioka" "Sagu tani", maka itulah tepung sagu tani yang dimaksud.

Contoh merek tepung sagu tani : Pak tani gunung, Tjap Orang tani, Merbabu, Merapi




Load disqus comments

0 komentar

loading...