loading...

Sabtu, 06 Mei 2017

Tips mengolah sayur

Sebelum kita memulai untuk mengolah sayur, kita perlu melakukan langkah-langkah persiapan. Langkah persiapan pun bisa menentukan kandungan nutrisi yang ada dalam sayur tetap terjaga, oleh karena itu ikutilah langkah persiapan sayur yang benar sebagai berikut :
  1. Cuci bersih sayuran di air mengalir. Untuk sayuran daun seperti brokoli, kangkung sebaiknya di cuci dengan air garam agar mematikan hama seperti ulat yang masih menempel dalam sayur, Sedangkan untuk sayuran buah seperti wortel, tomat cukup cuci dengan air.
  2. Potongan sayuran yang kecil akan lebih mudah menyerap udara dan secara tidak langsung dapat menghilangkan vitamin di dalamnya ketika dimasak untuk itu sangat dianjurkan untuk memotong sayur dalam ukuran besar.

Setelah langkah persiapan selesai dilakukan, saatnya kita ke tahap berikutnya yaitu pengolahan. Agar nurisi yang terkandung dalam sayur tidak hilang dan terbuang sia-sia, cara pengolahannya harus benar. Berikut adalah tata cara mengolah sayuran yang benar :

Memanggang sayur
  1. Pilihlah sayuran yang mengandung banyak air agar ketika dipanggang sayuran tidak akan mengering dengan cepat dan kehilangan nutrisi contohnya seperti kentang
Menumis sayur
  1. Usahakan gunakan minyak secukupnya saat menumis karena minyak banyak saat menumis bisa menghilangkan nutrisi pada sayur
  2. Waktu menumis sayur seperti kangkung, buncis, tauge adalah 3-4 menit kemudian ditutup sebentar 2 menit
Merebus sayur
Sebenarnya merebus sayur adalah cara yang paing tidak dianjurkan karena resiko nutrisi hilang akan sangat besar. Agar kandungan nutrisi yang hilang bisa diminimalisir berikut cara merebus sayur dengan benar :
  1. Sebelum merebus sayuran pastikan air sudah benar mendidih agar nutrisi dalam sayuran tidak hilang saat direbus.
  2. Rebus dahulu sayuran yang tidak berwarna seperti kol baru kemudian rebus sayuran yang berwarna agar warna sayuran tidak kusam
  3. Gunakan teknik blaching dalam merebus sayuran yaitu merebus sayuran dengan cepat 1-2 menit. Setelah direbus tiriskan langsung rendam di air es untuk menghentikan proses pematangan. Teknik ini membuat warna sayuran akan tetap hijau, segar dan texturenya bagus.
  4. Waktu merebus sayur 1-2 menit untuk pecel, urap, gado-gado sedangkan untuk sayur bening membutuhkan waktu 3-4 menit
Mengukus sayur 
Mengukus sayur adalah cara paling baik mengolah sayur untuk mencegah hilangnya nutrisi karena dengan mengukus kandungan air pada sayuran tidak terlalu banyak yang menguap. Waktu mengukus sayur seperti wortel, buncis dan kacang panjang adalah 5-10 menit





Load disqus comments

0 komentar

loading...