loading...

Sabtu, 22 April 2017

Resep kue kering kacang coklat



Habis percobaan tadi langsung aku posting yang ini, ternyata kue kering dengan tepung beras teksturnya lebih chrunchy dibanding kue kering biasa. Awalnya setelah selesai di panggang kelihatan empuk tapi setelah dingin kue jadi crunchy. 

Aku buatnya 2X resep yang aku posting ini, awalnya bingung kok adonan gak kalis lalu aku tambahan lagi tepung + gula halus sampai kepadatan dan rasanya pas. Tapi setelah jadi kok rasanya enak. Setelah aku kros cek ternyata adonan yang ngga kalis itu akibat kualitas margarin itu memang berbeda, sebelumya aku juga pernah membuat kue dengan kualitas margarin yang gak begitu bagus jadinya aku tambahkan lagi tepung seperti kasus ini. Margarin memang seharusnya bertekstur agak padat dibandingkan dengan mentega. Tapi ada beberapa margarin yang memang lebih mudah meleleh dan teksturnya malah menyerupai mentega tapi jangan panik masih bisa diperbaiki dengan menambah tepung dan gula halus adonanpun akan menjadi kalis dan mudah dicetak.

Nah waktu itu aku buat kue kering kacang coklat karena paduan antara kacang dan dark coklat compound sangat cocok. Yuk simak resepnya....

Bahan A :
150 gram (75 gram margarin + 75 gram mentega)
100 gr gula halus (ayak)
1 btr kuning telur
1/2 sdt baking powder

Bahan B :
50 gram kacang sangrai, buang kulit arinya dan blender halus

Bahan C :
25 gram tepung beras (ayak)
200 gram tepung terigu protein rendah/kunci biru (ayak)

Hiasan : coklat Dark Chocoalate Compound (DCC) leleh (aku colatta) secukupnya

Cara membuat :
  1. Campur semua bahan A, mixer hingga mengembang dan putih
  2. Masukan bahan B, aduk hingga rata. Masukan bahan C aduk rata dengan spatula uleni hingga kalis dengan tangan jika belum kalis tambahkan tepung secukupnya sedikit-sedikit hingga adonan benar-benar kalis dan bisa dibentuk, tapi jangan lupa jika adonan tambah tepung tambahkan pula gula halus sedikit-sedikit secukupnya cicipi sampai rasanya pas.
  3. Cetak adonan dengan cetakan kue kering. Tabur tepung dalam papan, giling adonan dengan gelas plastik, cetak.
  4. Tata kue dalam loyang yang sudah olesi margarin dan ditaburi ayakan tepung.
  5. Panggang kue, karena aku pakai oven kompor/tangkring kurang lebih 15 menit bagian tengah dan 15 menit bagian atas oven. Tunggu sampai matang, angkat sisihkan
  6. Tim coklat DCC dalam api kecil hingga leleh saja. hias kue dengan coklat leleh menggunakan pirsuit atau manual sesuai selera. sajikan
Selamat mencoba :))




Load disqus comments

0 komentar

loading...