loading...

Minggu, 17 Desember 2017

Cara membersihkan cumi



Cumi adalah salah satu bahan seafood yang bisa kita olah  menjadi berbagai macam hidangan. Dari mulai masakan yang cukup diminati seperti cumi goreng tepung, tumis dan campuran daging seafood untuk masakan tertentu. Yang perlu diperhatikan dalam mengolah cumi adalah saat mengolah cumi sebisa mungkin memasaknya dalam waktu yang singkat/sebentar, karena jika daging cumi dimasak terlalu lama daging cumi akan alot.

Sebelum memasaknya, berikut ini beberapa langkah cara mempersiapkan dan membersihkan daging cumi untuk kemudian siap diolah :
  1. Tarik kepalanya pisahkan kepalanya dengan badan,  keluarkan isi cumi, cuci cumi di baskom air. Ambil juga tulang rawanya. 
  2. Agar tampilan cumi lebih bagus, kulit ari cumi perlu dikupas. Cara mengelupas kulit ari cumi adalah dengan menarik sayap cumi dari bawah tarik keatas, kelupas kulit ari cumi hingga bersih dan hanya tersisa bagian daging cumi yang berwarna putih.
  3. Bersihkan tinta cumi dengan cara membelah kepalanya lalu kelurakan tintanya, cuci di air mengalir hingga bersih. Sebenarnya tinta cumi juga bisa dimasak karena memiliki rasa yang khas, jika kalian ingin menggunakan tintanya  bisa sisihkan tintanya.
  4. Potong-potong cumi bentuk cincin dengan tebal 1 cm atau sesuai selera. Cumi siap untuk di olah







Load disqus comments

0 komentar

loading...