loading...

Jumat, 18 Agustus 2017

Resep martabak manis

Karena aku masih punya keju di kulkas jadi aku cari ide untuk menghabiskan keju (kraft cheedar) dan coklat blok ku (DDC collata). Nah, aku dapat nih resep dari bogasari yang kemudian sedikit aku modif di isianya. Aku pakenya teflon yang cekung jadinya agak tebal ditengah jadi agak susah ya klo harus dilipat...makanya gak aku lipat. Dan disini topingnya biasanya menggunakan mieses tapi berhubung aku adanya DCC aku pakai yang ini saja. Setelah dilihat hasilnya di bawah ini aku nabur coklatnya gak terlalu rata...sedikit keburu-buru. Yang ini enaknya dimakan masih hangat-hangat karena empuk dan coklatnya masih cair.


Btw hasil martabak perdanaku seperti gambar diatas.....masih pakai piring yang ini...hehe...soalnya ini piring wajib di dapurku. Rasanya enak....empuk sekali....Pengen membuatnya dirumah??..., yuk simak resepnya :

Bahan :
  • 250 gr tepung terigu segitiga biru
  • 30 gr gula pasir (2 sdm muncung)
  • 1,5 gr garam (aku 1/2 sdt peres)
  • 3 gr baking soda (aku 1 sdt peres)
  • 1 sdt ragi instant (aku fermipan)
  • 2 sdm susu bubuk putih (aku dancow)
  • 1 butir telur ukuran kecil
  • 350 ml air hangat kuku
  • 2 sdm margarin cair
Isian :
Margarin, gula pasir, keju parut, coklat blok cincang atau sesuai selera 
opt : kacang cincang sangrai, meises, kacang almond dsb

Cara membuat :
  1. Campur ayakan tepung + gula pasir + garam+ baking soda+ ragi instant+ susu bubuk aduk rata + air hangat aduk rata + telur. 
  2. Diamkan adonan kurang lebih 30 menit-1 jam tutup dengan lap basah. Setelah mengembang dan adonan sedikit berbuih + margarin cair aduk-aduk.
  3. Siapkan wajan teflon bundar yang datar. Lapisi wajan dengan 1 sdm margarin hingga rata. Tuang adonan agak tebal. Masak dengan api sangat kecil, tunggu hingga gelembung -gelembung keluar tapi jangan ditutup dahulu agar gelembung keluar maksimal setelah gelembung keluar semua segera tutup agar bagian atas matang merata. 
  4. Setelah bagian atas mulai matang olesi atasnya dengan margarin, beri taburan gula pasir. Angkat.
  5. Belah menjadi dua martabak, jangan sampai putus hanya agar bisa dilipat jadi dua saja.
  6. Taburi atasnya dengan toping keju dan coklat blok cincang atau sesuai selera. Lalu lipat. Sajikan
Porsi : 2 piring martabak



Load disqus comments

0 komentar

loading...