loading...

Minggu, 15 Oktober 2017

Resep keripik bayam

Sayur bayam memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi dibanding sayur lainya. Namun, bayam sebenarnya merupakan salah satu sayur yang sedikit memerlukan perhatian khusus untuk mengolahnya. Jika salah olah, bisa-bisa masakan bayam menjadi masakan yang justru membahayakan kesehatan kita. Baca : Tips mengkonsumsi bayam.

Kali ini aku akan membagikan resep keripik bayam. Resep aslinya sebenarnya bumbu halusnya ditambah kemiri dan kencur tapi kadang sedikit aku rubah dan aku hilangkan dari resep aslinya agar tidak terlalu eneg saat memakanya, sebenarnya sesuai selera  masing-masing saja sih. Yuk simak resepnya :

Bahan :
  • 200 gr tepung beras
  • 50 gr tepung tapioka (kanji) (aku pakai 1 sdm)
  • 200 ml santan dari 1/4 butir kelapa parut (aku air 1 gelas belimbing + 1 sachet santan kara)
  • 150 gr daun bayam yang tebal dan lebar cuci bersih tiriskan
  • minyak goreng secukupnya
Bumbu halus :
  • 5 siung bawang putih 
  • 1 sdt ketumbar sangrai (aku pakai 1 sdm ulek kasar)
  • 4 butir kemiri
  • 1 cm kencur
  • garam secukupnya
Cara membuat :
  1. Campur bumbu halus + santan + tepung beras + tepung kanji aduk rata.
  2. Celupkan daun bayam satu persatu ke dalam adonan. Goreng diminyak banyak diatas api sedang hingga kecoklatan, tiriskan.
  3. Untuk mengurangi minyak yang banyak tiriskan keripik bayam diatas tisu atau kertas koran hingga minyak menyerap ke tisu, karena biasanya hasil gorengan akan berminyak banyak. Simpan keripik bayam dalam wadah tertutup/toples.
Hasil : 250 gr

Selamat mencoba :))




Load disqus comments

0 komentar

loading...