loading...

Senin, 09 Oktober 2017

Resep perkedel kentang

Perkedel sebenarnya merupakan masakan belanda, di belanda 'frikadel' terbuat dari daging cincang sedangkan di indonesia perkedel terbuat dari kentang yang dicampur dengan sedikit daging cincang. Perkedel kentang biasanya menjadi teman makan untuk makan soto ayam (curry chicken soup).

Foto yang di bawah perkedelnya tinggal empat...soalnya aku buatnya sedikit dan sudah aku makan ...btw yang sempat aku foto tinggal empat....:D


Kali ini aku buatnya berbeda dari pada yang lain. Perkedel kentang biasanya di lumuri dengan putih telur dibagian luarnya sehingga hasil gorenganya akan keriting-keriting begitu dibagian luarnya....aneh ...bingung nyebutnya gimana... Karena aku tidak suka bagian itu aku tidak memakai putih telur dibagian luarnya. Agar adonan tidak cepat pecah ketika digoreng, aku tambahkan telur yang cukup banyak sebagai perekat dan margarin agar bagian luarnya garing dan cantik pastinya.


Untuk resep aslinya bahannya sama hanya saja aku tambahkan sedikit margarin dan putih telur yang biasanya dipisahkan sebagai bahan pencelup saat akan mengoreng aku campur  ke dalam adonan. Dari dekat kelihatan cantik kan ...??...yuk simak resepnya ...

Bahan 
  • 250 gr kentang potong-potong bulat besar, goreng hingga berkulit dan garing diluar angkat tiriskan.
  • 1 kuning telur (karena sayang aku pakai semuanya putihnya juga kocok lepas)
  • 1 sdm bawang merah goreng
  • 1/4 sdt merica 
  • 1/4 sdt pala
  • 1 sdm margarin (aku blueband)
  • 1/2 sdt garam atau secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng
Optional : bisa ditambahkan cornet beef jika suka
Cara membuat :
  1. Haluskan merica + pala + garam + bawang goreng uleg kasar + kentang goreng.
  2. Tambahkan telur sebagian saja jangan sampai ke enceran + margarin aduk rata sampai bisa dibentuk (tidak lengket di tangan), ingat jangan sampai keenceran. Kalau terlanjur ke enceran beri maksimal 1 sdm terigu juga boleh, tapi jangan banyak-banyak nanti rasa kentangnya hilang.
  3. Ambil 2 sdm adonan bentuk bulat lalu gepeng kan sisihkan .
  4. Panaskan minyak, tunggu hingga benar- benar panas dan goreng dengan api kecil hingga kecoklatan. Angkat dan sajikan.
Untuk yang ingin tekstur perkedel kentang empuk lebih baik tidak menggunakan terigu tapi jika pengen tekstur perkedel kentang lebih padat bisa kalian tambahkan terigu sedikit, terserah kalian mau pilih yang mana.

Selamat mencoba :)




Load disqus comments

0 komentar

loading...